Perkembangan Transportasi Pada Masa Lalu, Sekarang dan di Masa Depan

Kehadiran kendaraan dimuka bumi ini sangatlah penting. Kendaraan yang fungsinya sendiri adalah untuk membantu proses keberlangsungan hidup manusia sebagai alat transportasi. Awal mula kendaraan sendiri dimulai dari dipergunakannya makhluk hewan untuk membantu proses jual-beli. Seiring berjalannya waktu, kendaraan semakin hari semakin canggih. Berkat kehadiran ilmuwan dan orang-orang penting dibumi ini untuk menciptakan teknologi alat transportasi baru menggunakan mesin, sehingga manusia tidak perlu melakukan hal yang tidak sewajarnya kepada makhluk hidup lain seperti hewan. Kendaraan hingga kini terbagi atas tiga golongan, yaitu kendaraan darat, laut, dan udara. masing-masing memiliki keunikan yang berbeda namun dengan tujuan yang sama. yaitu membantu keberlangsungan hidup manusia. Maka dari itu, berikut merupakan sejarah perkembangan Transportasi dari masa lalu hingga perkiraan di masa depan. >>

  1. Di masa Lalu
  • Alat Transportasi Darat

Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Mereka masih menggunakan Alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda sebagai aloat bantu untuk alat memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama karena manusia dan hewan memliki keterbatasan stamina. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Alat transportasi tersebut sangat terkenal di masanya karena membantu aktifitas sehari-hari.

Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang lebih modern dan mengalami perkembangan di tahun ke tahun. Semua alat transportasi ini berkembang dari bentuk yang sederhana. Kita ambil contoh sepeda. Sepeda adalah awal dari alat transportasi mesin beroda seperti motor dan mobil. Sepeda pertama tidak mempunyai pedal atau kayuh. Pedal atau kayuh pertama ditemukan seorang pandai besi dari Skotlandia. Pedal itu dipasang di roda belakang. Kemudian, sepeda Prancis dibuat dengan memakai pedal atau kayuh di depan. Roda depannya dibuat lebih besar. Sepeda pertama memakai roda besi. Setelah itu, roda besi diberi karet keras.

Tranportasi Pedati

Delman

Motor Jaman dahulu

  • Alat Transportasi Laut

Transportasi air adalah alat transportasi yang digunakan di sungai, danau, dan laut. Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Dulu orang berlayar bergantung pada angin, sehingga berlayar waktunya bisa lama sekali. Alat transportasi ini biasanya digunakan untuk mengankut barang ke pulau- pulau ataupun mengantarkan manusia.

Hingga Kapal sudah digerakkan dengan mesin diesel, mesin uap. Ada juga kapal yang digerakkan dengan tenaga nuklir. Pertama kali, kapal uap didorong oleh roda-roda pendayung yang besar. Letak roda-roda itu ada di samping kiri dan kanan kapal. Sejak tahun 1840 mulai dipakai baling-baling seperti yang ada di kapal sekarang. Baling-baling itu ada di bagian belakang kapal dan berada di dalam air. Bahan bakar kapal uap adalah batubara. Badan kapal sebelumnya terbuat dari kayu diganti dengan besi. Kemudian, besi diganti dengan baja.  Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air.

Perahu Layar

Perahu Dayung

  • Alat Transportasi udara

Alat Transportasi udara pada masa dulu adalah Balon udara. Balon udara pertama kali dibuat pada tahun 1783. Nama pembuatnya adalah Montgolfier. Balon udara ini dapat terbang karena diberi udara panas. Udara panas itu berasal dari hidrogen yang dibakar. Kalau pemanas dinyalakan, balon akan naik. Kalau udara di dalam balon menjadi dingin, balon akan turun. Sekarang gas hidrogen tidak dipakai lagi untuk menerbangkan balon karena mudah terbakar. Sebagai gantinya, orang sekarang memakai gas helium yang tidak mudah terbakar. Balon udara sekarang sangat langkah ditemukan karena pembuatannya yang cukup sulit dan resiko yang besar. Pada masa sekarang balon udara dapat ditemukan di festival balon udara yang sering dilaksanakan.

Balon Udara

2. Di masa Kini

  • Transportasi darat masa kini

Semakin sini transportasi semakin cepat dan canggih. Dulu mungkin kita mengandalkan tenaga hewan atau tenaga manusia untuk pergi ke suatu tempat untuk menjadi alat transportasi. Tetapi seperti yang kita lihat sekarang sekarang trantransportasi tenaga hewan seperti delman atau tenaga manusia seperti becak itu sudah tidak terlalu terpakai untuk menjadi alat transportasi melain kan delman dan becak pada saat ini lebih di pakai di tempat rekreasi. Karena kebanyakan orang saat ini beranggapan bahwa becak dan delman sudah tidak efektif untuk menjadi alat transportasi karena d ini di sebabkan oleh kebutuhan manusia dimana kita membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dan aman. Oleh karena itu pada saat ini banyak sekali kendaraan yang bermunculan dengan harga yang murah agar menarik pelanggan dengan cepat. Karena hal ini sangat di butuhkan oleh kebanyakan orang saat ini. Karena. Seperti contohnya Kendaraan seperti Motor dikembangkan dari sepeda yang dulunya di dayung dan kemudian dikembangkan oleh perusahaan michaux pada tahun 1868. Sepeda yang dulunya menggunakan ban keras perlahan berubah menjadi ban angin. Kemudian diberikan mesin agar bisa berjalan tanpa  banyak menggunakan tenaga manusia.

Mobil

Motor Jaman Now

  • Transportasi Laut Masa kini

Mesin Uap lah yang membuat kemajuan kendaraan saat ini. sejak dahulu kapal sudah ada namun masih kecil dan belum bersifat “kuat”. Meski demikian, perahu, kapal layar masih digunakan saat ini, seperti untuk nelayan dan atau untuk perlombaan kapal layar, namun kapal layar disini sudah berada di taraf yang canggih karena perkembangannya. Dengan teknologi yang sudah berkembang di  berikanlah motor/mesin yang kuat pada kapal agar kuat berjalan hingga jauh dan kemudian diberikan bahan yang kuat namun tidak berat pada k apal itu, seperti baja. Masyarakat di Indonesia sering menyebutnya dengan Kapal Motor

Kapal Pesiar

Kapal Layar Modern

  • Transportasi Udara Masa kini

Transportasi udara saat ini yang paling mencolok dan terkenal ialah pesawat terbang.dulunya diawali dengan pesawat yang agak berat yang sekarang berkembang menjadi pesawat yang besar dan tidak berat, Karena menggunakan bahan baja yang kuat dan tahan tekanan. pesawat juga dibuat denga kapasitas yang berbeda-beda tergantung dengan tipenya. Ada pesawat angkutan, pesawat tempur/perang, pesawat ulang alik maupun pesawat pribadi. Adapun alat transportasi yang lain seperti helicopter dan balon udara. Namun kedua kendaraan ini jarang digunakan sebagai alat transportasi umum namn hanya dalam berbagai keadaan saja.

Pesawat Komersial

Heli Puma

3. Masa Depan

  • Perkembangan transportasi di masa depan
  1. SkyTran adalah sebuah ide transportasi masa depan yang telah diperlihatkan sejak lama menyerupai sebuah kapsul yang tergantung di bawah sebuah rel. Rel yang kita bicarakan di sini juga bukan rel di tanah, melaikan rel magnetic yang ada di atas. SkyTran mungkin akan sedikit lebih mahal daripada transportasi umumnya namun tidak semahal taxi. Kemahalan tersebut sangatlah setimpal, melihat kecepatan maksimumnya yang dapat mencapai 241 km/jam, walaupun pada awalnya tentu kita tidak akan melihat kecepatan itu. Diperkirakan di pertengahan 2014 ini, SkyTran sudah dapat kita lihat di berbagai negara tertentu, khususnya Tel Aviv.
  2. Skylon adalah pesawat penumpang bertenaga jet. United Kingdom merilis rencana bahwa mereka siap menghabiskan dana sebesar 90 juta US Dolar atau setara dengan sekitar 1 triliun rupiah untuk mengembangkan Skylon, sebuah pesawat yang sangat cepat, 5 kali lebih cepat daripada kecepatan suara dan mampu keluar dari orbit bumi ke luar angkasa.
  3. Mobil terbang adalah sebuah mobil yang setengahnya adalah mobil, setengahnya lagi adalah pesawat dengan 4 roda, 2 kursi penumpang, serta sayap yang dapat dilipat. sebuah perusahaan Amerika, Terrafugia, yang ingin merealisasikan ide tersebut, Mereka sudah mengembangkan sebuah prototype yang dikenal dengan namaTF-X, yakni disebut-sebut sebagai mobil terbang pertama di dunia yang akan dibuka secara komersial di tahun 2015. Sayangnya, pengembangan transportasi ini sendiri memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 8 hingga 12 tahun.
  4. Hyperloop adalah teknologi transportasi canggih yang sangat cepat menyerupai tabung baja bermedia kapsul aluminium dengan kecepatan maksimum 1.200 km/jam. Kekurangan utama dari transportasi ini adalah harganya, hanya untuk mulai menjalankan Hyperloop saja dibutuhkan dana sekitar 70 miliar US Dollar. Tidak diketahui kapan tepatnya transportasi ini akan terbuka untuk komersial namun sebuah start-up bernama Hyperloop Transportasion Technologies, Inc. memperkirakan bahwa prototype dari Hyperloop akan dapat diperlihat di kuartal pertama tahun 2015.
  5. Mobil bertenaga nuklir, Jika negara-negara umumnya melakukan riset tenaga nuklir untuk pembangkit listrik, maka LPS mempunyai tujuan yang lebih sempit yaitu membuat mobil bertenaga nuklir pertama di dunia atau tepatnya thorium. Thorium sendiri merupakan senyawa kimia yang memiliki energi sangat padat, dan 8 gram gumpalannya dapat menjadi energi mobil selama 100 tahun. Singkatnya, Anda tidak perlu lagi mengisi bahan bakar Anda sepanjang hidup Anda. Tidak diketahui kapan tepatnya transportasi bernergi masa depan ini akan dapat kita lihat, namun sejak 2011 tahun lalu prototype sudah terus dikembangkan.
  6. Mobil tanpa pengemudi (Driverless car), yaitu Google Driverless Car. Dengan adanya mobil tanpa pengemudi ini, seseorang bisa duduk dengan santai di mobilnya hingga ia mencapai tempat tujuan tanpa perlu mengemudikan mobil tersebut.Walaupun belum diketahui kapan tepatnya mobil ini akan dirilis untuk kegunaan publik, namun beberapa negara bagian di US sudah secara resmi memperbolehkan percobaan dari Mobil canggih ini. Diperkirakan bahwa mobil dengan teknologi dari masa depan ini dapat digunakan secara komersial di tahun 2020.
  7. Road Train adalah solusi transportasi masa depan Anda. Road train akan menghubungkan mobil-mobil satu sama lainnya pada arah yang sama melalui unit GPS. Kemudian grup mobil itu akan diarahkan oleh sebuah bus atau truk dengan pengemudi yang telah berpengalaman di rute tersebut. Sesudah mobil itu terhubung dalam grupnya maka ia akan terkontrol secara otomatis dengan mobil yang di depan. bahan bakar akan lebih hemat sebanyak 20% setiap tahunnya, serta kemungkinan kecelakaan akan berkurang. Volvo sebagai distributor kendaraan ternama juga sudah mencoba melakukanpengujianterhadai project ini dan mereka menamakan project ini sebaga SARTRE dan pengujian membuktikan prototype berjalan dengan satu truk di depan dan 3 mobil di belakang, masing-masing dengan kecepatan 90 km/jam. Sama halnya seperti mobil tanpa pengemudi, transportasi masa depan ini juga diperkirakan terbuka untuk komersial di tahun 2020.

 

 

Bayangkan, Sejauh inilah alat transportasi telah berkembang. Kira-kira suatu saat ini setelah saya sudah punya anak, ketika baca ini, kira-kira mobil udah terbang belum? hayo? :p

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *